Piljatim

Modal Untuk Pedagang Pasar

Bojonegoro – Sebelum mencalonkan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah yang biasa dipanggil Bu Anna sudah dikenal turun ke bawah menyerap aspirasi langsung tidak berdasar laporan saja. Sosok ini rajin turun ke bawah sehingga tahu persoalan yang sedang dihadapi berbagai lapisan masyarakat, salah satunya adalah para pedagang pasar tradisional.

Sudah banyak pasar tradisional yang dikunjungi diantaranya pasar Mojoranu Kecamatan Dander. Saat di pasar tradisional banyak dari para pedagang curhat langsung ke Bu Anna soal berbagai permasalahan yang dihadapi diantaranya infrastruktur pasar dan permodalan para pedagang.

Para pedagang pasar tradisional selama ini biasanya didatangi para rentenir untuk permodalan dan bunganya bisa mencapai 20 persen. Jika meminjam uang dari rentenir seratus ribu rupiah akan mengembalikan seratus dua puluh ribu rupiah. Modal dengan meminjam rentenir dengan bunga 20 persen tentu tak sebanding dengan keuntungan yang didapat para pedagang pasar tradisional.

“Pemerintah harus hadir dalam persoalan yang dihadapi para pedagang di pasar tradisional dan Pemda adalah instrumen dari kebijakan pusat. Maka para pedagang mempunyai hak untuk mendapatkan informasi dalam dunia usaha terutama permodalan untuk mengembangkan usaha mereka,” tegas Bu Anna Cabup nomor urut 3 saat di pasar Mojoranu.

Pasangan Cabup-Cawabup, Anna Muawanah dan Budi Irawanto jauh hari sudah merancang program bagi para pedagang di pasar tradisional untuk meningkatkan perekonomian mereka. Salah satunya adalah kemudahan mendapatkan permodalan dengan bunga hanya 4 persen. Bunga yang kecil ini akan menguatkan permodalan para pedagang dan memperbesar keuntungan bagi pedagang pasar.

Selain itu program bagi pedagang juga akan ada bantuan permodalan tiap RT maksimal mencapai 10 juta rupiah. Bantuan permodalan tiap RT ini sekaligus akan menyokong perputaran perekonomian di tiap desa dan pasar-pasar tradisional seluruh Bojonegoro.

“Persoalan modal bagi dunia usaha sangat penting maka kemudahan mendapatkan modal dengan bunga kecil adalah prioritas kami. Kebetulan saat menjadi anggota DPR RI di Komisi XI bermitra kerja di bidang perbankan dan keuangan tentu akan membantu kerja-kerja untuk masyarakat serta dunia usaha lain nanti,” tambah Bu Anna.

Selain permodalan juga peningkatan infrastruktur pasar tradisional, kebersihan pasar dan perbaikan fasilitas umum di pasar untuk pedagang maupun pembeli. Harapannya agar para pembeli dan pedagang merasa nyaman hingga perputaran uang di pasar tradisional meningkat pesat. (roy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *