Piljatim

Mudah Mendapat Pinjaman Bunga Ringan

Bojonegoro – Bersilaturrahmi dengan para pedagang dan pembeli di pasar tradisional oleh Cabup Anna Muawanah atau biasa dipanggil Bu Anna sudah dilakukan sejak lama. Dari silaturrahmi itu banyak terserap aspirasi para pedagang yang hingga kini masih belum terselesaikan persoalannya. Persoalan yang cukup vital untuk segera dicarikan solusinya adalah banyaknya bank thitil atau rentenir yang menawarkan kemudahan pinjaman tapi dengan bunga yang cukup tinggi.

Para pedagang pasar melakukan itu karena kemudahan dan cepatnya mendapatkan pinjaman rentenir hingga jalan pintas yang memberatkan ini menjadi pilihan karena pemerintah belum hadir secara maksimal untuk membantu pedagang. Para rentenir masih memberikan pinjaman ke pedagang dengan bunga rata-rata antara 15 – 20 persen. Biasanya para rentenir ini menawarkan pinjaman yang mudah didapatkan pedagang yang membutuhkan modal cepat tunai dan bisa dibayar harian atau bisa mingguan.

“Ini silaturahmi kesekian kalinya ke pasar tradisional dan pemerintah masih belum hadir maksimal untuk membantu pedagang mendapatkan kemudahan pinjaman dengan bunga ringan,” ungkap Bu Anna di pasar tradisional Purwosari.

Bu Anna menawarkan solusi untuk para pedagang pasar dengan melahirkan regulasi agar adanya harmonisasi penggadaian terhadap kebutuhan modal bagi para pedagang. Penggadaian selama ini sudah dikenal masyarakat luas dengan kemudahan mendapatkan uang tunai dengan jaminan barang. Kemudahan itu nanti bisa ditingkatkan lebih baik dengan kerja sama serta dengan dilahirkan regulasi untuk menguatkan.

“Masyarakat harus diadvokasi dan dibantu mendapatkan pembiayaan yang murah cepat   dan tanpa resiko ijon,” kata Bu Anna.

Kemudahan untuk mendapatkan modal bagi masyarakat dan para pedagang pasar termasuk program prioritas pasangan Cabup-Cawabup Anna Muawanah – Budi Irawanto. Program itu sekaligus untuk mensejahterakan para pedagang dan masyarakat dengan kemudaham proses mendapatkan pinjaman dengan bunga ringan. (Roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *