Umum

Pemuda Desa Kembangkan Wisata

Jatipandak – Pemuda Desa Jatipandak Kecamatan Sambeng bergerak mengembangkan wisata desa untuk mengurangi pengangguran. Wisata Desa yang akan dikembangkan berupa taman dan wisata religi makam tokoh penyebar agama Islam.

Inisiatif pengembangan wisata dilakukan setelah beberapa pemuda deza melakukan study banding di Pujon Malang. Dari study banding tersebut membuat kepercayaan diri pemuda bangkit untuk melalukan perubahan lebih baik dan membuka peluang pekerjaan. Desa Jatipandak memiliki potensi untuk dikembangkan menyamai Pujon Malang dengan ciri khasnya sendiri.

“Nanti akan ada taman dan wisata religi di makam Mbah Mas Telogo Biting sebagai tokoh penyebar agama Islam dari Iran. Taman dan wisata religi ini letaknya berdekatan dan pengunjung hanya cukup jalan kaki saja,” Munif Asy’ari pemuda desa yang juga berprofesi sebagai Pendamping Lokal Desa.

Mbah Mas Telogo Biting dikenal warga sekitar sebagai seorang saudagar Islam dari Iran yang melakukan dakwah dengan naik prahu. Suatu ketika prahu yang dinaikki tenggelam di bengawan dan sosok ini dimakamkan di Desa Jatipandak dengan panjang makam 4 meter.

Banyak peziarah dari berbagai kota yang berdatangan di makam tersebut untuk mengenang perjuangan penyebaran agama Islam. Di sekitar lokasi makam terdapat batu bata yang usianya diperkirakan sejaman dengan Prabu Siliwangi. (Rey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *