Umum

Pendamping Desa Kunjungi Situs Sejarah

Ngimbang – Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan mengunjungi situs Batu Gurit atau Prasasti di Desa Ngimbang. Kunjungan para pendamping ini untuk identifikasi pengembangan wisata desa yang akan dikelola Bumdes.

“Sejak kecil batu ini sudah disini dan ada tulisannya sansekerta. Dari penelitian batu gurit ini peninggalan Raja Airlangga,” kata Hariri Pendamping Desa Kecamatan Ngimbang.

Batu Gurit berada di tepi Sendang Gede yang kini sudah dalam penanganan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Untuk melestarikan sekaligus mengembangkan wisata budaya dan wisata pendidikan anak-anak rencananya Sendang Gede dan Batu Gurit akan diperluas. Lahan yang disamping lokasi akan dibebaskan desa jika dijual pemiliknya untuk pengembangan wisata Desa.

“Ya nanti kita bicarakan dengan pemilik lahan jika dijual desa melalui Bumdes akan membeli untuk pengembangan wisata desa. Harapannya Pendapatan Asli Desa akan bertambah dan bisa mensejahterakan masyarakat,” kata M. Nur Hadi Kepala Desa Ngimbang.

Sementara itu Pendamping Lokal Desa Ngimbang akan mengawal proses pengembangan wisata Desa hingga berhasil. Sebagai pendamping sekaligus warga desa merasa mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam pengembangan wisata Desa.

“Ini mimpi saya agar Desa Ngimbang makin maju dengan ada wisata Desa,” ungkap Saeko Pendamping Lokal Desa Ngimbang. (Roy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *