Startup

Kerja Cepat Pendataan APBDes

Lamongan – KPW 4 Jatim melakukan kunjung kerja memastikan kelengkapan data APBDes sekabupaten Lamongan. Kunjungan kerja tersebut disambut antusias dan kerja cepat para pendamping dengan melengkapi data di masing-masing Desa dampingan.

Dua anggota Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) 4 Jawa Timur Andre Dewanto dan Eko Heru Siswoyo hadir tepat jam 08.30 di kantor DPMD Kabupaten Lamongan. Dalam pertemuan tersebut keduanya memastikan data APBDes tahun 2017 Kabupaten Lamongan sudah lengkap seratus persen. Sementara data APBDes tahun 2015 dan 2016 masih ada kekurangan karena ada kendala di masing-masing desa soal dokumentasi.

“Progres input data di Kabupaten Lamongan termasuk paling bagus di Jawa Timur meski untuk tahun 2015 dan 2016 masih harus diperbaiki. Saya berharap kedepannya lebih bagus lagi,” kata Andre Dewanto.

Selain inventarisasi data APBDes, dua anggota KPW 4 Jawa Timur juga memastikan serapan program PKT (Padat Karya Tunai) hingga minimal 30% masuk di APBDesa. Program PKT di Kabupaten Lamongan akan dilaksanakan pada bulan April dan Mei tahun 2018 ini.

“Kita optimis semua desa di Lamongan akan melaksanakan PKT, karena program ini penting untuk peningkatan kesejahteraan warga miskin di desa-desa,” kata Iskandar koordinator Pendamping Ahli Kabupaten Lamongan.

Iskandar menambahkan agar PD (Pendamping Desa) dan PLD (Pendamping Lokal Desa) agar aktif dalam proses fasilitasi, asistensi, pengarahan dan pengorganisasian sesuai amanat UU No 6 tahun 2014 tentang Desa. (Rey)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *