Umum

Media Online Menyebarkan Hoax

Malang – Apa yang diberitakan oleh http://www.kabarpas.com/2018/04/03/kembali-terulang-uin-malang-diduga-lakukan-plagiarisme/ terkait dugaan plagiarisme oleh M. Zainuddin, Wakil Rektor 1 UIN Maliki Malang,  pada 03/04/2018 adalah tidak benar. Berita tersebut hanya mengutip tuduhan dari satu sumber saja tidak mengindahkan kaidah jurnalistik, cover both side prinsip keberimbangan dalam pemberitaan.

Pemberitaan media online tersebut patut diduga penyebaran hoax atau berita bohong sebab tak menganut prinsip jurnalistik yang benar. Sebab ada bagian bab yang dikutip dari naskah/makalah Imam Suprayogo itu sudah dicantumkan dengan jelas dalam catatan kaki (foot note). Bahwa jika kemudian tidak disebutkan nama Imam Suprayogo dalam Daftar Pustaka, karena naskah itu memang diambil dari buku Bunga Rampai yang diedit oleh M. Zainuddin (editor) dengan judul “Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam”, yang terbit tahun 2004. Sementara itu, buku Imam Suprayogo seperti yng diberitakan kabarpas.com terbit tahun 2005.

Soal permintaan maaf itu  atas permintaan pak imam suprayogo. Dibuat karena rasa hormat kepada senior semata mata karena kesantunan tidak sebab lain.

“Wartawan yang memberitakan tersebut patut belajar lagi kode etik jurnalistik dan belajar lagi bagaimana menulis berita dengan baik agar tak menyesatkan publik,” kata Rey aktifis media. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *