Umum

Penerima PKH Sasaran PKT

Bojonegoro – Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa (Satker P3MD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur gelar sosialisasi Padat Karya Tunai (PKT)  di hotel Dewarna Bojonegoro. Dalam sosialisasi tersebut Kepala Bidang Bina Pemdes DPMD Provinsi Jawa Timur, Heru Suseno, MT

menjelaskan salah satu sasaran PKT sebagai tenaga kerja adalah warga penerima dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Tujuan PKT untuk pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan daya beli Rumah Tangga Miskin (RTM) dalam memenuhi kebutuhan dasar. Setiap Desa wajib melaksanakan PKT dari penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan Desa paling sedikit 30% (tiga puluh persen) digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan kerja yang dilaksanakan secara swakelola.

Ada empat kriteria tenaga kerja yang menjadi pertimbangan yakni miskin, pengangguran, setengah pengangguran dan warga penerima program PKH.

“Jadi warga penerima program PKH termasuk salah satu yang akan dilibatkan dalam PKT,” tegas Kepala Bidang Bina Pemdes DPMD Provinsi Jawa Timur, Heru Suseno, MT.

Sosialisasi Padat Karya Tunai digelar selama empat hari di Bojonegoro dengan peserta dari DPMD Kabupaten, Camat, Kepala Desa dan pendamping desa. Sosialisasi kali ini digelar di zona Bakorwil Bojonegoro dengan dan peserta yang hadir dibagi dua angkatan.

Acara sosialisasi berlangsung produktif dengan keterlibatan aktif para peserta dan penyampaian pemateri yang mudah dipahami para peserta. Untuk sosialisasi PKT berikutnya akan digelar di Bakorwil Jember dan Bakorwil Madiun, total sosialisasi PKT akan digelar di lima Bakorwil se-Jawa Timur. (Rey)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *