Uncategorized

BUM Desa Pemaring Tampil Meyakinkan !!

Surabaya – BUM Desa Pemaring Desa Drajat Kecamatan Paciran Lamongan dalam presentasi lomba BUM Desa se-Jawa Timur tampil meyakinkan di hadapan para juri. Beberapa kali para juri penasaran menyampaikan pertanyaan kepada tim BUM Desa terbaik di Kabupaten Lamongan ini.

Dalam presentasi tersebut Dirut BUM Desa Pemaring, Siswoyo Hadi Prasetyo menyampaikan terlebih dahulu sejarah berdirinya BUM Desa yang modal awalnya hanya 10 juta rupiah. Pendirian BUM Desa tersebut melalui Musdes yang dihadiri beberapa tokoh Desa Drajat.

“BUM Desa Pemaring terinspirasi dari Sunan Drajat yang pernah menyampaikan wasiat kepada anak cucu wenehono.. wenehono.. wenehono.. artinya anak cucu di Desa Drajat diminta agar murah hati dan suka memberi. Maka BUM Desa berdiri untuk memberikan manfaat kepada warga,” ungkap Siswono Hadi Prasetyo mengawali presentasi di hadapan juri.

Sebelum BUM Desa berdiri Desa Drajat mempunyai persoalan yang cukup akut masalah lingkungan yakni soal buang sampah sembarangan. Perlahan dan pasti pengurus BUM Desa mulai memperhatikan persoalan tersebut dengan mengolah sampah. Tiga bulan kemudian masalah buang sampah perlahan bisa ditangani dan kini Desa Drajat termasuk salah satu desa yang bersih di Lamongan.

Salah satu juri menanyakan soal penyewaan kios yang dikelola BUM Desa Pemaring dan tim menjawab bahwa penyewaan tersebut untuk pemberdayaan ekonomi warga agar bisa berdagang di seputar alun-alun Desa Drajat. Dengan adanya penyewaan kios tersebut perputaran uang dari desa tidak banyak keluar dan bertambahnya uang masuk ke Desa Drajat didukung dengan wisata religi makam Sunan Drajat.

Saat tim BUM Desa Pemaring presentasi dihadiri dan disuport langsung oleh Kepala DPMD Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin. Pihak DPMD mendukung penuh agar BUM Desa Pemaring meraih juara.

“Kami yakin BUM Desa Pemaring lolos lima besar karena dari presentasi Dirut sangat meyakinkan para juri. Semoga saja,” ungkap Kepala DPMD Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin.

Lomba BUM Desa se-Jawa Timur tersebut digelar di ruang rapat amarta DPMD Provinsi Jawa Timur. Dan lomba diikuti oleh 14 BUM Desa se-Jawa Timur yang telah lolos seleksi administrasi. Dari jumlah tersebut akan disaring menjadi 5 besar dan akan dilakukan penilaian lapangan. (Rey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *