Umum

Kritik Display Pameran

Tuban – Para seniman Tuban menggelar pameran seni rupa bersama dengan tema Tuban Gumregah. Pameran yang diikuti 47 pelukis dari Tuban, Lamongan dan Rembang tersebut mendapatkan kritik dari seniman sendiri soal display yang ditentukan bukan berdasar kaidah pameran yang baik.

Pameran seni rupa dibuka sore hari, menjelang malam dihadiri oleh wakil Bupati Tuban Noor Nahar. Usai membuka pameran ditampilkan pertunjukan musik dan teater yang mendapatkan sambutan cukup hangat dari warga serta aktifis kesenian.

Usai pembukaan dan sajian musik, para seniman dari tiga kabupaten tersebut berkumpul berbincang ringan soal perkembangan kesenian di masing-masing daerah. Perbincangan penuh keakraban tersebut melebar hingga mempunyai keinginan bersama mengembangan kesenian di desa-desa.

“Bagaimana pun juga kita dulu tumbuh berkesenian dari desa lalu membentuk jaringan untuk berkarya bersama, misalnya dulu Jatirogo akrab dengan seniman Desa Sale dan kawan-kawan sanggar pesisir,” ungkap Zamroni seniman gondrong yang juga penyiar radio.

Selain itu, perbincangan menjurus soal display pameran Tuban gumregah yang tak mencerminkan sebuah pameran yang enak dinikmati. Tata letak karya lukis diputuskan bukan berdasar sebuah karya itu sendiri tapi ada kesan karena senioritas seniman. Antara karya satu dengan yang lainnya nampak bertabrakan berdasar kecederungan warna, aliran maupun penempatan seni instalasi.

“Masak karya instalasi diletakkan paling belakang, mana ada yang mau lihat ? Lainnya juga soal penempatan lukisan karya saya contohnya ditaruh di posisi yang hanya gendruwo saja yang akan melihat,” ujar gepho seniman Jatirogo yang beraliran realis.

Para seniman yang berkumpul tersebut sebagian besar kecewa soal display pameran yang diputuskan bukan berdasar profesionalisme namun senioritas. Harapan ke depan mereka akan menggelar pameran lukisan lebih baik lagi di Jatirogo dengan display yang berirama dan enak dinikmati. (Pay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *