Umum

BUMDesa Sebagai Penjamin Pinjaman UKM

Drajat – BUMDesa Pemaring Desa Drajat Kabupaten Lamongan melakukan terobosan pemberdayaan UKM dengan mempermudah akses pemodalan di bank. BUMDesa Pemaring sebagai pihak penjamin jika UKM tak memiliki jaminan sebagai syarat pinjaman.

Terobosan ini sudah dilakukan sejak setahun lalu dan pelaku UKM sudah melakukan pinjaman ke bank untuk modal dagang berjualan krupuk ikan. Pelaku UKM tetap membayar cicilan bulanan namun sebagai pihak penjamin BUMDesa Pemaring.

“Alhamdulillah saya sudah tak pusing lagi cari modal kerja berkat jaminan dari BUMDesa Pemaring. Sangat terbantu karena ndak perlu lagi cari-cari jaminan pinjaman,” ungkap Bu As pelaku UKM.

Menurut Direktur BUMDesa Pemaring, Siswoyo Hadi Prasetyo mempermudah pelaku UKM bisa meminjam di bank tanpa jaminan adalah salah satu terobosan pemberdayaan. Sebagai penjamin BUMDesa Pemaring bisa tumbuh bersama dengan pelaku UKM dan menggairahkan perekonomian kerakyatan di Desa Pemaring.

“Kami tentu tak akan bisa sukses sendiri karena memang salah satu fungsi berdirinya BUMDesa adalah pemberdayaan ekonomi di Desa. Jika BUMDesa hanya berfikir untung saja apa bedanya dengan perusahaan swasta ? Kami tak mau terjebak dengan omzet melulu dan melupakan pemberdayaan,” kata Siswoyo Hadi Prasetyo.

BUMDesa Pemaring adalah BUMDesa terbaik di Kabupaten Lamongan yang konsen di pemberdayaan ekonomi dan mewakili Lamongan dalam lomba BUMDesa terbaik Se-Jawa Timur. BUMDesa Pemaring sebagai model yang mengisi ceruk kosong pemberdayaan ekonomi kerakyatan. (Rey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *